Breaking News
Loading...
Jumat, 12 Februari 2016

Info Post

Pemasangan Filter  Air Di Timor Leste

filter air
toyawater.com,Timor Leste
Filter air Dr.Toya paket air kapur dengan dua tabung filter tipe FRP 10 sudah sampai dan terpasang rapih di negara tetangga.

Apakah air sumur atau air tanah di rumah anda seperti ini?
Air tanah yang mengandung zat kapur biasanya berwarna seperti kabut dan juga bening bersifat basah dengan kandungan PH ledih dari 8.Air berkapur akan nampak jelas setelah di panaskan (di masak),mencuci mobil,porselain dan dinding kaca juga keramik akan meninggalkan bercak putih yang mengerak.
filter air

Menurut standar permenkes air minum tidak boleh melebihi ph 8 karena akan mengganggu kesehatan.Penggunaan air tanah berkapur dalam jangka pendek akan mengakibatkan muntaber,kolera,tipus,disentri.Sedangkan dalam jangka panjang akan mengakibatkan keropos tulang,kerusakan gigi,ginjal,kandung kemih,hati dan kerontokan rambut.

Begitu juga apabila di pakai untuk mandi,air akan terasa sedikit licin dan tidak menimbulkan buih pada sabun.Air tanah yang berkapur di sebabkan karena tingginya logam tertentu di dalamnya,seperti logam natrium,kalium dan magnesium.Dan air yang mengandung logam-logam seperti biasa di sebut air sadah.

  Cara tepat untuk mengatasi masalah air tanah berkapur adalah menggunakan penjernih air Dr.toya dengan media filter jenis softener.Akan tetapi jika hanya menggunakan satu tabung filter isi softener biasanya air akan bertambah licin.Maka dari itu harus menggunakan dua tabung penjernih air dengan isi yang berbeda,satu tabung isi softener dan satu tabung lagi isi karbon aktif agar air yang di hasilkan lebih maksimal.

CARA KERJA DAN PERAWATAN FILTER AIR Dr.TOYA

  
Cara kerja filter air softener dan perawatannya terletak pada kepala filternya yaitu dengan cara menggeser handel pada posisi yang di perlukan, kepala Softener / Valve ini berfungsi sebagai sirkulasi air untuk filter Softener.

Kepala Softener mempunyai 4 lubang sbb:
  1. Lubang input (ukuran 1″): Hubungkan lubang ini dengan pipa PVC ukuran 1″atau 3/4″ untuk sirkulasi air masuk ke dalam filter.
  2. Lubang output (ukuran 1″): Hubungkan lubang ini dengan pipa PVC ukuran 1″atau 3/4 untuk sirkulasi air output hasil pemfilteran.
  3. Lubang regenerasi (ukuran 3/8″): Hubungkan lubang ini dengan selang regen erasi ukuran 3/8″ menuju brine tank .
  4. Lubang pembuangan (ukuran 1/2″): Hubungkan lubang ini dengan selang ukuran 1/2″ dan berfungsi untuk pembuangan air kotor saat dilakukan backwash atau regenerasi.

Cara Perawatan Filter Air Softener :

Disamping ke empat lubang tersebut juga terdapat 5 posisi handle sebagai petunjuk pem-prosesan dan perawatan. Handle (tuas) ini dapat digeser posisinya sesuai dengan proses yang akan dijalankan oleh filter sebagai berikut:

  1. Service:     Pindahkan/putar posisi handle kearah ini untuk                  melakukan pemfilteran air secara normal
  2. Backwash: Pindahkan/putar posisi handle kearah ini untuk                  melakukan Backwash atau pencucian media
  3. Fast Rinse: Pindahkan/putar posisi handle kearah ini untuk                  melakukan pencucian kotoran/kerak yang                          melekat di dalam saluran pipa secara cepat
  4. Slow Rinse: Pindahkan/putar posisi handle kearah ini untuk                 melakukan pencucian kotoran/kerak yang                         melekat di dalam saluran pipa secara pelan-                       pelan (lama)
  5. Reffil Brine : Pindahkan/putar posisi handle kearah ini untuk melakukan regenerasi (mengaktifkan kembali) media filter yang sudah jenuh. Jika handle diarahkan ke posisi ini maka proses regenerasi akan berlangsung secara otomatis dan media regeneran yang ada di brine tank akan mengalir menuju filter utama. Selanjutnya media regeneran bercampur dengan media filter untuk meng-aktifkan kembali media yang sudah jenuh, dan air hasil proses regenerasi ini akan dibuang oleh filter melalui lubang pembuangan(lubang yang sama seperti saat dilakukan backwash).

CARA KERJA FILTER AIR KARBON:

Dengan posisi “SERVICE”(pada filter softener) kemudian air dari filter softener ini akan masuk ke filter ke dua yaitu filter karbon.Pada filter karbon ini sitem kerjanya sama saja dengan filter air softener hanya saja bedanya difilter karbon ini tidak ada “SLOW RINSE” dan REFFIL BRINE”.
Lakukan “BACKWASH” setiap 2 hari sekali agar media filter (isi dalam tabung) lebih ringan dan umurnya tahan lama.