Tentang Permasalahan Air Tanah Di Indonesia

Air
air tanah

Air adalah kebutuhan terpenting dari kehidupan.Saat ini air sangat terancam,saat industri menghasilkan limbah berbahaya yang di buang langsung di sumber-sumber  air maka kehidupan manusia dan lingkungan terancam.

Permasalahan air tanah di Indonesia

Bumi terdiri dari 70% air.  Segala bidang kehidupan manusia sangat membutuhkan air untuk pertanian, perkebunan, Industri, Peternakan dan apapun yang ada di bumi. Sumber-sumber air yang terjaga adalah kunci kehidupan kita. Jumlah limpahan air di Indonesia sangat besar tetapi belum tentu menjamin jumlah ketersedian air bersih.

Limbah industri dan limbah rumah tangga yang tidak terkelola dengan baikmembuat sumber-sumber air tidak dapat di gunakan secara maksimal.

Pencemaran air tanah yang berasal dari limbah industri
Limbah industri saat ini di luar kendali yang melepaskan bahan kimia berbahaya dan sangat mempengaruhi sumber daya air yang berharga menyebabkan kerusakan jangka panjang terhadap kesehatan manusia dan lingkungan.

Limbah industri dengan kimia berbahaya telah jauh dari kendali keamananan. Industri sering kali membuang bahan kimia berbahaya dari sisa manufaktur proses produksi, Dengan tidak bertanggung jawab atas produk yg sedang mereka gunakan bahan kimia berbahaya langsung dibuang sebagai limbah tanpa ada pengelolaan.

Banyak bahan kimia yang di gunakan pada saat barang yang di produksi memiliki sifat berbahaya intrinsik.Mereka menggunakan dengan sengaja atau tidak sengaja,tetapi kebanyakan bahan kimia tersebut tidak berasal dari  bahan alami.Bahan kimia yang berbahaya tidak dapat di kelola dengan teknik yang mudah atau hanya dengan  'end-of-pipe' termasuk pabrik pengolahan air limbah umum.
Dan limbah industri ini sangat merugikan dalam  waktu yang sangat panjang dan jauh dari sumber dimana mereka membuangnya. Mereka bisa menempuh jarak yang sangat jauh dan mereka dapat menumpuk di sepanjang rantai makanan, akhirnya akan meracuni suplai makanan kita sendiri.
Greenpeace

Pages