Breaking News
Loading...
Kamis, 05 Februari 2015

Info Post

Indonesia butuh alat penjernih air untuk menghasilkan air bersih


alat penjernih air
Berbagai permasalahan air kerap terjadi di Indonesia,seperti terjadinya banjir pada musim hujan dan terjadi kekeringan saat musim kemarau.Kurangnya ketersediaan air bersih bagi sebagian masyarakat Indonesia karena masih kurangnya sanitasi yang memadai serta banyaknya limbah cair maupun padat yang mencemari wilayah perairan di Indonesia seperti sungai,laut,waduk dan danau.

Beberapa daerah di Indonesia masih kekurangan ketersediaan dan akses air bersih.Di Kalimantan misalnya kota Banjarmasin,Banjar,Kapuas,Palangkaraya,Pontianak dan Balikpapan masih kesulitan untuk mendapatkan pasokan dan akses air bersih.Sementara di Nusa Tenggara Timur,tercatat kabupaten Kupang,Ende,Sikka,Flores Timur,Belu dan Sumba Timur mengalami krisis air bersih.

Adanya kesenjangan sosial antara penduduk di kota dan desa juga menjadi penyebab mengapa kualitas sanitasi dan air bersih di Indonesia masih kurang terjaga dengan baik, kesenjangan sosial menentukan perilaku masyarakat khususnya masyarakat kurang mampu.

Banyak masyarakat kurang mampu yang masih menerapkan perilaku Buang Air Besar Sembarangan (BABS) sehingga merusak lingkungan, selain itu masih banyak masyarakat di daerah yang mengalami kesulitan dalam mengakses air bersih bahkan sampai menggunakan air hujan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Dampaknya adalah berkurangnya kualitas hidup dari setiap komponen hidup manusia khususnya. Ketika kualitas hidup masyarakatnya tidak baik maka akan berpengaruh pula pada perkembangan suatu negara dalam berbagai aspek.